Ford Ranger 2012




Pabrikan mobil Amerika Serikat, Ford awal tahun ini memperlihatkan mobil generasi terbaru Ford Ranger. Mobil ini merupakan mobil yangakan masuk keIndonesia pada tahun 2012 mendatang. Seperti apakah keunggulan mobil ini?

Mobil segala medan memulai debutnya di Thailand pada awal tahun inidan telah pula diperlihatkan diIndonesia pada ajang Indonesia International Motor Show pertengahan tahun ini.

Dirancang dan dikembangkan oleh tim global yang berpusat di Australia, platform Ranger baru memanfaatkan aset Ford global, terutama mesinkuat yang terbukti dalam penggunaannya pada kendaraan komersial yang tangguh dan transmisi enam kecepatan yang hemat bahan bakar.

Tim desain dan pengembangan produk juga memiliki akses penuh kekemampuan, fasilitas pengujian dan pemahaman global mengenai truk pickup di seluruh organisasi Ford.
Kerja sama merupakan faktor penting dalam pengembangan all-new Ranger.Baik mesin, gearbox, rangka, suspensi, sistem kemudi, rem, sasis, pelat logam eksterior, dan interior kendaraan, semuanya baru.

Daftarnya berlanjut dengan fitur baru untuk keamanan dan kenyamanan penumpang.Bila melihat tubuhnya, Ranger akan ditawarkan dalam tiga jenis kabin yakni Double, Super dan Single bersama dengan serangkaian panjang fitur praktis yang tersedia dalam tiga pilihan seri bagi konsumen. Ketiga jenis kabin merupakan yang terlega di segmennya. Dua jenis bodi akan ditawarkan Cab Chassis dan Pickup.

Pickup compact ini juga tersedia dalam drivetrain 4×2 dan 4×4 serta dua ketinggian berkendara di mana 4×2 Hi-Rider menggunakan kerangka yang sama dengan model 4×4.
“Ranger ini benar-benar baru,” ujar Jim Baumbick, Engineering Director,Product Development, Ford Asia Pasifik dan Afrika dalam keterangan yang detikOto dapat, Senin (27/9/2011).

“Pengembangan Ranger dari nol merupakan peluang menarik yang memungkinkan kami secara dekat mengukur apa yang dilakukan oleh pesaing kami, mendengarkan apa yang diinginkan konsumen truk di seluruh dunia, dan menciptakan kendaraan yangmemenuhi semua harapan, bahkan lebih,” imbuhnya.

Dengan memanfaatkan skala ekonomis global, Ranger baru diproduksimenggunakan satu platform tunggal yang sangat kuat. Pickup ini akan diproduksi di tiga benua dan dijual di 180 negara, yang membuatnya menjadi salah satu produk Ford yang paling banyak tersebar di seluruh dunia.

Produksi massal telah dimulai di Thailand untuk pasar di wilayah Asia Pasifik, termasuk Australia. Produksi ini akan diikuti oleh fasilitas produksi yang baru diperbarui di Afrika Selatan akhir tahun ini, yang akan memproduksi Ranger untuk pasar domestik dan Eropa, termasuk pasar negara berkembang di Afrika. Berikutnya dalam urutan peluncuran, Argentina akan memproduksi Ranger untuk Amerika Selatan.

Pancaran tenaga dan rasa percaya diri dalam gaya yang oleh para desainer disebut sebagai “21st Century Tough”, Ranger yang ramping namun kekar menampilkan overhang pendek dengan kisi-kisi tiga palang di bagian depan, ciri khas rancangan truk global Ford. Kaca depan dimiringkan ke belakang untuk menghasilkan siluet yang lebih sporty dan dinamis, sementara bentuk kotak truk tradisional telah dipahat kembali untuk menghasilkan kendaraan yang tampil lebih modern dan aerodinamik. Lampu depan, kaca spion dan bibir roda yang lebih besar memberi tampilan terintegrasi di semua varian sekaligus memberi kontribusi atas kuda-kuda yang agresif dan sporty.

Para desainer juga menaikkan beltline secara signifikan, bersamadengan rel pada bak muatan, menghasilkan keberadaan Ranger yang substantif di jalan sekaligus meningkatkan fungsionalitas kendaraan dengan bak muatan yang lebih dalam. Regular Cab dan Super Cab memiliki volume bak terbesar di kelasnya pada 1,82 meter kubik dan 1,45 meter kubik secara berurutan, sementara volume bak Double Cab termasuk besar pada 1,21 meter kubik.

Dengan panjang 5359 milimeter dan lebar 1850 milimeter, tampilanRanger baru lebih besar daripada generasi sebelumnya. Ranger tetap mudah bermanuver di jalan perkotaan yang sempit dan pada saat parkir karena sistem kemudi responsif yang tidak memerlukan lebih dari 3,5 putaran roda dari satu sisi ke sisi lain.

Di bagian dalam All-new Ranger menawarkan tampilan dan rasa kontemporer dengan fitur dan kenyamanan yang biasanya ditemukan pada mobil penumpang. Permukaan interior baru yang berani mendapatkan sentuhan akhir berupa bahan yang akan tahan dalam mengatasi tuntutan penggunaan yang besar sekaligus memberikan tampilan berkualitas tahan lama.

Pilar B pada Double Cab juga telah dimajukan, yang menghasilkan ruang kaki dan lutut terlapang di kelasnya. Tiga penumpang dewasa dapat masuk dengan mudah ke baris kedua Double Cab, sementara dua orang dengan tinggi 180 cm dapat duduk dengan nyaman dalam satu deret depan belakang.

Dengan memaksimalkan penggunaan interior yang lapang, Ranger Double Cab menyajikan lebih dari 20 tempat penyimpanan di dalam kabin – lebih banyak tempat penyimpanan praktis daripada pesaingnya. Wadah konsol tengah yang dalam merupakan wadah terbesar di kelasnya berukuran 8,5 liter dan, di model XLT dan Wildtrak, dapat menjaga sampai enam kaleng minuman tetap dingin melalui aliran udara yang berasal dari air-conditioner.

Kotak sarung tangan cukup besar untuk menyimpan laptop 16 inci,sementara poket di pintu dapat menyimpan botol air berukuran 1,5 liter. Tempat penyimpanan yang cukup untuk telepon seluler dan barang kecil lain dapat ditemukan dalam konsol dan tempat yang mudah dijangkau pengendara. Di bawah tempat duduk belakang, area penyimpanan tersembunyi yang nyaman untuk peralatan dapat diakses dengan mudah.

Siap menjadi pemimpin dalam inovasi, Ranger baru dilengkapi denganteknologi pintar yang menjadikan pickup ini lebih mudah, lebih aman dan lebih menyenangkan untuk dikendarai.

Integrasi Bluetooth, USB dan iPod dan voice control untuk mengendalikan radio, CD, iPod, USB, dan telepon seluler sekarang telah menjadi standar disemua model. Sama halnya, cruise control merupakan perlengkapan standar di seluruh rangkaian. Dual-zone climate control dipasang di semua model XLT dan Wildtrak, dan Wildtrak 4×4 yang teratas dalam rangkaiannya dilengkapi dengan layar warna lima inci dengan navigasi satelit dan kamera parkir belakang.

Sedangkan dapur pacu all-new Ranger diciptakan untuk memberi kombinasi tenaga dan torsi sekaligus penghematan bahan bakar yang luar biasa kepada konsumen. Tersedia tiga mesin baru yang sesuai untuk setiap kebutuhan dan anggaran.
Mesin diesel lima silinder Duratorq TDCi 3.2 liter baru Ranger memimpin di depan dengan torsi 470 Nm dan tenaga 147 kW yang besar. Konsumsi bahan bakarnya dalam combined cycle merupakan salah satu pemimpin di kelasnya, mulai dari 8,4 L/100 km pada varian 4×2 sampai 9,6 L/100 km pada model Wildtrak 4×4 teratas3.

Bagi mereka yang menginginkan mesin dengan volume yang lebih kecil,mesin diesel empat silinder Duratorq TDCi 2.2 liter baru menghasilkan output torsi puncak 375 Nm dan output tenaga 110 kW. Saat dipasangkan ke Single Cab 4×2, mesin 2.2 liter hanya mengonsumsi 7,6 L/100 km dalam combined cycle3, yang menjadikan mesin ini salah satu yang paling hemat bahan bakar di segmennya.
Mesin bensin empat silinder Ford Duratec 2.5 liter telah ditingkatkan dan sekarang menghasilkan torsi 226 Nm dan tenaga 122 kW yang luar biasa.

Model berpenggerak dua roda hanya mengonsumsi 9,8 L/100 km dalam combined cycle3. Angka konsumsi bahan bakar yang luar biasa ini memberi beberapa model all-new Ranger yang dipasangi tangki bahan bakar berkapasitas 80 liter – jarak tempuh lebih dari 1.000 km dengan hanya menggunakan satu tangki bahan bakar diesel.

Untuk kali pertama, model diesel Ranger disajikan dengan transmisimanual enam kecepatan atau otomatis enam kecepatan yang menghasilkan penurunan rpm mesin dan memperpanjang jangkauannya dalam perjalanan panjang di jalan raya atau lalu lintas kota. Hal ini juga menjadikan Ranger pickup pertama di kelasnya yang dilengkapi dengan transmisi otomatis enam kecepatan. Model bermesin bensin memiliki transmisi manual lima kecepatan standar.

“Rangkaian mesin baru kami mencerminkan komitmen kami dalam menjadikan Ranger pilihan tepat bagi konsumen pickup saat ini,” ujar Gary Boes, Vehicle Line Director untuk platform truk compact baru Ford. “Kami tahu mereka menginginkan tenaga dan torsi yang lebih besar, dan kami memberikannya – sekaligus peningkatan penghematan bahan bakar dan penurunan emisi.”

Dengan spesifikasi seperti itu All-new Ranger dirancang dan diuji untuk memastikan dapat menghadapi tantangan paling berat sekali pun. Kemampuannya untuk menarik, memuat, melintas air, dan mendaki sangat mengagumkan. Bahkan, kemampuan Ranger dalam menarik dan melintasi air termasuk yang terbaik di segmennya. Ranger memiliki kemampuan untuk menarik sampai 3.350 kilogram (hanya pada model Hi-Rider 4×2 dan 4×4 yang dilengkapi TDCi).
Sementara model Hi-Rider 4×4 dan 4×2 memiliki kemampuan melintasi air sampai sedalam 800 milimeter, bahkan dengan muatan penuh. Ranger juga memiliki kapasitas muatan 1528 kilogram yang luar biasa pada Hi-Rider Single Cab Chassis 4×2 yang dilengkapi TDCi 2.2, serta ground clearance sampai 237 milimeter yang menakjubkan (pada model Hi-Rider 4×4 dan 4×2).

Bagi yang ingin menjajal jalur off-road, kemampuan off-road Ranger 4×4 yang superior telah ditingkatkan dengan front differential compact baru, poros belakang baru yang telah di-upgrade, dan rasio yang lebih rendahsecara keseluruhan. Transfer case kuat yang terkendali secara elektronik – pada transmisi manual maupun otomatis – memampukan pengendara berganti dari 4×2 ke 4×4 setiap saat dengan cepat melalui tombol elektronik yang terletak pada konsol tengah.

Untuk memberi kepercayaan diri yang lebih besar kepada pengendara saat berkendara off-road, Ranger dilengkapi dengan standar Traction Control System yang mempertahankan stabilitas kendaraan dengan memaksimalkan traksi di setiap roda yang bergerak.

Berbeda dengan limited slip differential, Ranger dapat mengurangi tingkat torsi mesin sampai ke jumlah yang tepat yang dapat diteruskan ke tanah melalui roda sekaligus mengerem sepenuhnya roda yang berputar, yang menyalurkan semua torsi mesin yang tersedia ke roda yang memiliki cengkeraman paling besar.

Bagi pengendara yang akan berkendara di jalan licin atau jalan sulit yang dapat mengakibatkan salah satu roda terangkat dari tanah, Ranger menyediakan kendali traksi tambahan dengan electronic locking rear differential (tersedia pada model tertentu) dimana kedua roda terkoneksi dengan kuat untuk menghasilkan kemampuan traksi yang besar. Bahkan dengan satu roda terangkat dari tanah, torsi dorongan penuh masih diteruskan ke roda yang masih mencengkeram tanah. Hal ini sangat berguna jika salah satu roda belakang kehilangan traksi sepenuhnya karena berada dalam es, lumpur atau tergantung di udara.

Ranger juga telah melewati pengujian ekstrem di seluruh dunia untuk memastikan bahwa Ranger dapat menahan tantangan suhu dan kondisi yang berat. Diuji di Australia, Dubai, Thailand, Amerika Utara, Brazil, Swedia dan Afrika Selatan, Ranger harus menghadapi panas dan dingin yang ekstrem, hujan pergantian musim, dataran tinggi serta sungai yang deras, gurun gersang dan jalan berlubang.

Prototipe Ranger telah mencatatkan pengujian di jalan sepanjang lebih dari satu juta kilometer ditambah dengan jumlah waktu pengujian menyeluruh di laboratorium yang tidak terhitung.

“Kemampuan Ranger yang tangguh memang sengaja dirancang dan diterapkan secara saksama pada pickup ini,” ujar Baumbick. “Kami ingin memberikan truk yang tangguh kepada konsumen, yang dapat benar-benar mereka andalkan baik saat melintasi air yang dalam maupun medan yang menantang. Ranger tentu saja akan menjadi teman yang dapat diandalkan oleh mereka saat berkendara on maupun off road.”

Tingkat ketelitian yang sama membuat Ranger menonjol dan membedakannya dari pesaing dengan sasis seluruhnya baru yang memberikan lebih banyak kemampuan dan kesenyapan seperti pada mobil penumpang, penurunan upaya dalam penggunaan kemudi, penanganan yang lebih presisi serta peningkatan kestabilan on-road jika dibandingkan dengan pendahulunya.

Di bagian depan, secara keseluruhan dilengkapi suspensi baru. Suspensi coil-over-strut baru memampukan penyesuaian rancangan wishbone atas dan bawah yang lebih baik. Pengaturan suspensi, walaupun sama dengan model berpenggerak dua dan empat roda, memiliki kemampuan unik dan telah disesuaikan dengan katup peredam dan tingkat daya pegas pada semua model untuk memberi kompensasi pada berat, pusat gravitasi, torsi mesin dan distribusi penggerak.

Dengan memberikan kendali kemudi yang lebih presisi kepada pengendara, sistem kemudi rack-and-pinion baru Ranger telah disesuaikan secara saksama untuk berkendara on-road yang responsif dan kemampuan manuver pada kecepatan rendah.

Ranger memiliki kesenyapan kabin yang andal, atribut yang tidak sering diasosiasikan dengan truk pickup. Mulai dari sekat yang lebih baik dan pintu yang lebih kaku sampai penggunaan bahan peredam suara pada pintu, atap dan bodi, Ranger memperkenalkan penyempurnaan tingkat tinggi pada kebisingan, getaran dan kekasaran (noise, vibration and harshness/NVH).

Mobil ini juga dilengkapi dengan Dynamic Stability Control (DSC) yang menggunakan sensor canggih untuk terus memantau jalur yang ditempuh kendaraan dan membandingkannya dengan jalur yang ingin ditempuh pengendara, seperti yang diindikasikan oleh kemudi.

Fitur kendali baru lain pada Ranger juga diintegrasikan ke DSC yang meningkatkan kestabilan dan kendali kendaraan: Hill Descent Control yang akan membantu pengendara saat menuruni tanjakan tajam dan Hill Launch Assist yang membantu pengendara memajukan kendaraan pada tanjakan tajam setelah berhenti.
Lalu ada Trailer Sway Control yang menyediakan kendali stabilitas saat menarik trailer, Adaptive Load Control, Stabilitas optimal pada kendaraan bermuatan, Emergency Brake Assist yang memberikan tekanan rem tambahan saat berhenti mendadak, Emergency Brake Light yang memberi tanda kepada pengendara lain dengan menyalakan
indikator saat kendaraan melakukan pengereman mendadak dan Roll-Over Mitigation yang membantu mencegah kendaraan terguling

Ranger juga menyediakan teknologi keamanan pasif baru melalui ketersediaan dan serangkaian airbag tergantung model. Airbag di sisi jendela tersedia pada semua varian untuk kali pertama.
Airbag ini keluar dari headliner untuk memberikan bantalan pelindung kepala bagi pengguna kendaraan yang duduk di bagian samping pada saat terjadi benturan samping dan jendela dirancang untuk melindungi pengguna di kedua baris dengan menutupi struktur bagian atas dan kaca dari pilar A sampai pilar C.

Side thorax airbag dengan rancangan baru juga tersedia yang keluar dari tempat duduk pengendara dan penumpang depan (hanya bucket seat; tidak tersedia pada tempat duduk bagian depan), semakin meredam dampak dan kekuatan benturan yang dialami penumpang di tempat duduk bagian depan. Airbag penahan benturan depan baru tersedia bagi pengendara dan penumpang, bersama dengan load limiter dan pretensioner pada sabuk pengaman.

“Ranger dirancang, direkayasa dan diproduksi untuk memimpin segmennya. Pickup ini andal, nyaman, bertenaga, hemat bahan bakar, aman – dan merupakan pickup yang membanggakan untuk dimiliki sekaligus meyakinkan untuk dikendarai,” pungkasnya.


sumber : detikoto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar